Home / Fasilitas Layanan Ma’had

Fasilitas Layanan Ma’had

a.Koperasi warung pelajar

Koperasi yang ada di Ma’had Al-Jami’ah mencakup tiga macam pengelolaan yang meliputi koperasi dapur, kantin, dan warung pelajar.

b.Koperasi dapur

Koperasi dapur dioperasikan berdasarkan keberadaan mahasiswa selama di Asrama Ma’had Al-Jami’ah, karena berfungsi sebagai penanganan kebutuhan makan mahasantri yang dikelola langsung oleh organisasi mahasantri sebagai ajang latihan pengelolaan unit usaha dan keuangan secara terorganisir dan penuh tanggung jawab di bawah bimbingan langsung oleh pengelola inti dari kalangan pengurus Ma’had Al-Jami’ah.

c.Koperasi kantin pelajar

Koperasi ini pada dasarnya masih belum wujud dikarenakan keterbatasan tempat ruang yang strategis dan memadai. Melihat hal ini merupakan salah satu unit usaha Ma’had yang akan dikembangkan, sekaligus sebagai kebutuhan Mahasantri yang dianggap mendesak, maka Ma’had masih tetap konsisten akan mewujudkannya dalam waktu dekat.

d.Warnet

Dengan bermodalkan 8 unit komputer dalam ruangan berukuran 2 x 4 m2 , Ma’had telah mengoperasikan usaha di bidang warnet semenjak diresmikan oleh rektor pada tahun ketiga berdirinya Ma’had, ruangan yang relatif sempit masih perlu dikembangkan dan diperluas karena belum memadai dalam memenuhi kebutuhan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah.

e.Typing & Printing

Para pengelola dan pengurus warnet juga memberikan pelayanan pengetikan makalah teks-teks atau sejenisnya sesuai kebutuhan pelanggan. Baik berupa teks-teks berbahasa Arab maupun berbahasa Inggris.

Pelayanan Printing yang ada di Ma’had Al-Jami’ah seiring pengelolaan warnet dan pengetikan sehingga dapat membantu dan mempermudah para mahasantri maupun pelanggan dari luar dalam proses pembuatan makalah maupun hal-hal lain yang membutuhkan print out file-file.

f.Bimbingan belajar

Bimbingan belajar di Ma’had Al-Jami’ah meliputi : konsultasi, belajar kelompok maupun pembelajaran di kelas di malam hari dan waktu-waktu tertentu sesuai waktu dan kebutuhan mahasantri seperti bimbingan pembuatan makalah, membaca dan menghafal al-Qur’an secara berkelompok di bawah bimbingan satu orang pembimbing, mulai dari santri senior yang ditentukan sampai musyrif dan ustad dan teacher yang ada dalam lingkungan Ma’had Al-Jami’ah juga pembelajaran klasikal berkelompok di bawah bimbingan seorang ustad dan teacher.

g.Perpustakaan

Saat ini perpustakaan Ma’had Al-Jami’ah masih berupa perpustakaan mini yang dikelola langsung oleh organisasi pengurus Asrama yang masih minim dengan segala keterbatasan ruang dan buku literatur yang relatif belum memadai untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan maupun pengembangan ilmu pengetahuan Mahasantri. Karena masih minimnya pengetahuan dan pengalaman mahasantri dalam hal kepustakaan sekalipun para pengelola adalah mahasantri senior dari jurusan Perpustakaan, ditambah minimnya fasilitas pengelolaan yang jauh dari standar minimal perpustakaan yang ideal. Buku-buku literatur yang dimiliki baru hanya sebatas bantuan pribadi dari beberapa orang pengurus dan tenaga pengajar Ma’had Al-Jami’ah dengan memanfaatkan koleksi pribadi yang dianggap kurang dimanfaatkan oleh para pemiliknya termasuklah dengan mengoleksi dan mengumpulkan buku-buku mau pun fotokopi diktat perkuliahan yang sudah tidak digunakan oleh mahasantri lama yang ditinggalkan di asrama saat mereka telah menyelesaikan pembinaan wajibnya di Ma’had Al-Jami’ah.

h.Pelatihan dan praktek jurnalis

Pelatihan ini diadakan secara periodik dan kontinu dari para simpatisan Ma’had dan relawan yang peduli dengan kebutuhan mahasiswa IAIN umumnya, mahasantri Ma’had khususnya, dikarenakan tidak adanya pengelolaan dan pelatihan tersebut dari fakultas terkait dalam lingkungan IAIN STS Jambi. Kemudian mereka diberikan media dan fasilitas yang masih minim namun maksimal untuk mengelola mading, pemberitaan, pengumuman dan website Ma’had termasuk praktik peliputan seputar kegiatan lokal Ma’had Al-Jami’ah dan kegiatan-kegiatan yang ada dalam lingkungan IAIN.

i.Labor

Labor bahasa yang ada di Ma’had Al-Jami’ah pada prinsipnya belumlah memadai jika mengacu kepada standar ideal, dan jika dibandingkan dengan labor yang dimiliki dan dikelola oleh lembaga bahasa Institut sendiri, namun tetap dipandang dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran bahasa yang ada dalam lingkungan Ma’had bahkan kebutuhan fakultas terkait seperti Jurusan Sastra Arab dan Inggris termasuk kebutuhan perkuliahan mata kuliah bahasa yang ada di lingkungan IAIN STS Jambi, tidak terkecuali pembelajaran bahasa dari Pasca Sarjana.