Home / Berita / Berita Ma'had / Mahasantri Urus Jenazah Temannya

Mahasantri Urus Jenazah Temannya

INTI –(16-10) Tiap-tiaj-putraj-putraap Muslim tahu bahwa mengurus mayyit merupakan fardu kifayah (harus ada sebagian kaum muslimin yang melakukan hal ini terhadap mayit. Jika tidak, semuanya terkena dosa), bila kita berbicara mengenai mayyit/jenazah, ada empat kewajiban kita yang masih hidup terhadap jenazah yang mesti dilakukan, diantaranya Memandikan, Mengafani, Menyolatkan, dan Menguburkan.
Kegiatan yang berlangsung dua hari ini (sabtu – minggu) mengajarkan mahasantri tentang Tajhizul Mayyit (Cara Mengurus Mayyit), Acara ini rutin diadakan tiap tahunnya oleh Central Intruction Section (Bidang Pengajaran) Ma’had Al-Jami’ah.
Mahasantri yang mengikuti pembekalan tentang mengurus mayyit ini bukan hanya diberikan materi saja, melainkan langsung di praktekkan mulai dari cara memejamkan mata si mayyit hingga mentalqinkannya, dan yang menjadi mayyit tidak lain ialah teman mereka sendiri, yang mereka urusi layaknya mayyit sungguhan 
“Dengan adanya pemberian materi tajhizul Mayyit yang dipraktekkan secara langsung ini di harapkan, mahasantri bisa memahami dan turun kemasyarakat nantinya apabila ada kematian” ujar Al Akh Hasan, salah satu pengurus dari bagian pengajaran.

Comments

comments

About andes

Check Also

p-jenazaa

MAHASANTRI LAKUKAN PRAKTEK PENYELENGGRAAN JENAZAH

INTI – Sabtu Pagi (15/10) para mahasantri Ma’had Al-Jami’ah mengikuti acara penyelenggaraan jenazah (Tahjizul Mayyit). …