Home / Artikel / Islam / Cara Menjaga Hafalan Al-Qur’an

Cara Menjaga Hafalan Al-Qur’an

cara-menghafal-al-quran

Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya.” Hadits riwayat Bukhari.

Begitu banyak kebaikan yang bisa kita peroleh ketika belajar dan mengajarkan Quran. Tanpa memandang usia, jenis kelamin, status sosial kita semua diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk menghafalkan Quran. Hal yang membedakan hanya kemampuan masing-masing individu .

“Jika mengacu pada teori Al Fatihah, menghafal Quran itu memang mudah. Bahkan “gak usah” keringetan dan ngotot ngafal. Baca aja yang banyak, berulang-ulang. Insya Allah hafal dengan sendirinya,” kata Ustadz Yusuf Mansur.

Ada yang cepat hafal, ada yang agak lambat, ada juga yang mudah lupa. Oleh karena itu, diperlukan trik-trik agar hafalan Quran kita tetap terjaga. Simak yuk trik-triknya:

1. Muroja’ah

Kunci agar hafalan kita tetap nempel adalah dengan membuat jadwal muroja’ah. Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah “Fami Bisyauqi”. Metode ini merupakan metode yang memungkinkan kita mengkhatamkan Quran dalam waktu seminggu.

Kata ini terbentuk dari susunan huruf awal nama surat di Quran,  yaitu: F atau Fa dari surah Al-Fatihah, M atau Mim dari surah Al-Maidah, Y atau Ya dari surah Yunus, B atau Ba dari surah Al-Isra / Bani Israil, Sy atau Sya dari surah Asy-Syu’ara, W atau wawu dari Wa (dan),  Shafaat,  Q  atau qaf dari surat Qaf.

Jika dirinci maka, Ahad membaca surat Al Fatihah sampai surat An Nisa, Senin membaca surat Al Maidah sampai surat At Taubah, Selasa membaca surat Yunus sampai surat An Nahl, Rabu membaca surat Al Isra sampai surat Al Furqon, Kamis membaca surat Asy Syu’ara sampai surat Yaasin, Jumat membaca surat Ash Shafat sampai surat Al Hujurat, Sabtu membaca surat Qaf sampai surat An Nas.

Selain menggunakan metode ini, kita juga bisa memanfaatkan salat-salat sunnah dengan membaca surat-surat yang sudah dihafalkan.

2. Temukan partnermu

Mempunyai partner atau teman tentu akan sangat menyenangkan dan menambah semangat. Apalagi jika partner kita seorang hafizh Quran, tentu akan lebih baik karena bisa mengoreksi kesalahan kita.

3. Ikuti komunitas penghafal Quran

Komunitas seperti One Day One Juz (ODOJ) atau One Day One Lembar (ODOL) bisa menjadi salah satu alternatif pilihan kita.

Untuk permulaan, kata Ustadz Yusuf Mansur, kita mencoba sebaris baca 40 kali. Dibuat santai bacanya sambil liat-liat artinya. Buka juga tafsirnya. Beli juga kitab tafsir terjemahan. Baca banyak berulang-ulang. Entar tahu-tahu hafal sendiri.

“Benar-benar dibuat santai. Tidak perlu seperti kejar setoran. Coba nikmati. Bisa membaca dan boleh membaca saja sudah menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Anggap aktivitas ini seperti mengumpulkan sesuatu yang lebih besar dan lebih mahal dari emas. Supaya hafal, selain baca tartil halaman per halaman, juz demi juz, coba deh ikutin cara ini, hingga wafat dalam keadaan haafidz, insyaAllah. Aamiin,” ungkapnya.

Sumber : http://menatahidup.com/

Comments

comments

About admin

Check Also

tahun-baru-islam_1438-h

Hikmah dan Makna 1 Muharram 1438 H

Peringatan 1 Muharram 1438 Hijriyah merupakan Tahun Baru Islam 2016 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 2 Oktober …