Home / Berita / Berita Ma'had / Lagi, Placement Test gelombang 2

Lagi, Placement Test gelombang 2

Pla14138127_1172559959432117_6133044409552155085_ocement test gelombang kedua diadakan oleh bagian akademik Ma’had Al-Jami’ah, Rabu (31/8) bertempat di gedung perkuliahan Ma’had Al-Jami’ah. Adanya Placement test kedua ini disebabkan pengumuman mahasantri yang terdaftar di ma’had yang terdiri dari penerima bidikmisi dan jalur reguler 2 baru dikeluarkan oleh pihak Rektorat IAIN STS Jambi. Dan juga mengingat jumlah pesertanya cukup banyak, yaitu 78 orang. Sehingga harus diadakan lagi placement test untuk menentukan level kelas kuliah Ma’had.
Ada sedikit perbedaan antara sistem placement test pertama dan kedua. System yang kedua lebih efektif, karena hanya ada dua penguji. Yaitu penguji bahasa arab dan alquran digabun14212636_1172560592765387_3364654087419289086_ng dan penguji bahasa inggris. Digabungnya penguji bahsa arab dan alquran karena penguji yang sama, sehingga tidak membuang buang waktu dan bisa dilaksanakan secara bersamaan. Dalam placement test kedua ini hanya ada sedikit kendala, yaitu masalah teknis kelas. Akan tetapi hal tersebut dapat diatasi,yaitu dengan menggunakan kelas ma’had, rumah ustadz, dan asrama sebagai tempat untuk ujian placement test. Berkaitan dengan sistem tanya jawab, antara placement test pertama dan kedua tidak ada bedanya. Karena masih menggunakan standar pertanyaan yang sama.
Namun, pelaksanaan placement test kedua ini lebih ketat. Karena tahun sebelumnya diketahui ternyata level yang telah ditentukan tidak sesuai dengan kemampuan mahasantri itu sendiri. Akhirnya mahasantri tersebut pindah dari level yang telah ditentukan.
Sampai saat ini masih banyak mahasntri yang belum masuk dan mendaftar. Karena masih dibukanya gelombang penerimaan mahasantri baru untuk jalur reguler ketiga dan penerima bidikmisi. Jika jumlahnya sedikit, maka tidak diadakan placement test. Bagian akademik hanya melihat dari latar belakang mahasantri untuk dimasukkan ke level yang sesuai dengan kemampuan mahasantri tersebut.
Mengingat kegiatan perkuliahan Ma’had sudah dimulai Senin depan, maka hasil placement test pertama dan kedua akan secepatnya diumumkan demi berjalannya perkuliahan di Ma’had Al-Jami’ah. (frn/nnd)

Comments

comments

About Information Section

Check Also

putra

Praktek Yang Bermanfaat

INTI – sabtu (15/10), setelah mahasantri putri menyelenggarakan pelatihan tajizul mayit kini tibanya giliran putra …