Home / Berita / Berita Ma'had / Pembelajaran Bahasa Dengan Lagu

Pembelajaran Bahasa Dengan Lagu

INTI-Beberapa teacher yang mengajar di Ma’had Al-Jami’ah menggunakan metode yang menyenangkan melalui dunia tarik suara yang membuat para pelajar sangat antusias untuk tidak melewatkan pembelajaran tersebut.

Shintawati yang biasa dipanggil dengan Ummi Shinta, Jum’at lalu (11/10), mengatakan bahwa metode ini terinspirasi dari acara pelatihan Paikem yang di selenggarakan sebelum Idul Adha. Walaupun sebenarnya ketika ia sekolah dulu sudah ada metode seperti itu hanya saja implementasinya baru dilakukan pada saat setelah pelatihan Paikem dengan Mr. Erick Camble.

Tujuan pembelajaran seperti ini kebanyakan digunakan oleh teacher hanya untuk sebagai penyemangat bagi para pelajar, karna mahasantri yang belajar di Ma’had Al-jami’ah masih jiwa muda dan masih ingin untuk bersenang-senang. Metode tarik suara seperti ini banyak membuat para pelajar hafal dengan lirik-lirik lagu bahasa Inggris walaupun dengan lagu yang ngebit (cepat) sekalipun. Paling tidak ini bisa mempermudah bagi para pelajar untuk memperkaya vocabulary yang telah ia punya.


Ummi Shintawati selaku teacher yang menggunakan metode tersebut menyatakan bahwa sebenarnya cara-cara mengajar dengan menggunakan tarik suara seperti ini kurang efektif karena banyak penyebutan yang tidak sesuai dengan pronunciation. Akan tetapi kembali lagi kepada fungsi pembelajaran bahasa Inggris itu sendiri yaitu serius tapi santai, menyenangkan, dan asik karna dengan adanya pembelajaran seperti ini dapat membangkitkan semangat para pelajar yang kurang suka belajar bahasa Inggris.

“Jika kita lakukan terus menerus dengan menggunakan hal seperti ini tentunnya tidak efektif, akan tetapi boleh kita lakukan sesekali untuk menambah semangat para pelajar.” Ujar Ummi Shintawati ketika ditemui di syirkah Ma’had.

Lagu-lagu yang digunakan kebanyakan adalah lagu yang banyak digemari oleh anak-anak muda sekarang yang pastinya lagu-lagu Inggris seperti lagu what make beatiful.

Harapan kedepannya bahasa Inggris dan bahasa Arab menjadi mahkota kebanggaan Ma’had Al-Jami’ah sehingga Ma’had menjadi icon IAIN STS JAMBI. Wahyu S

Comments

comments

About admin

Check Also

uu

PANITIA UJIAN SIBUK DIKANTOR

INTI – Minggu (25/12) Panitia Kesekretariatan Ujian Akhir Semester (UAS) Ma’had Al-Jami’ah IAIN STS Jambi …