Home / Berita / Berita Ma'had / Teacher Ma’had Coba Kembangkan Tanaman Hidroponik

Teacher Ma’had Coba Kembangkan Tanaman Hidroponik

Salah seorang teacher Ma’had Al-Jamiah mencoba menanam sayuran tanpa menggunakan media tanah.Teknik penanaman yangmenggunakan air ini bernama hidroponik, yaitu merupakan budidaya tanaman yang selalu menekankan pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Heri Supianto atau yang sering disapa Mr. Heri ini memulai proyek hidroponiknya sejak bulan Ramadhan lalu, hingga kini ia masih terus bereksperimen dengan berbagai objek tanamannya.

“Bercocok tanam dengan teknik ini memiliki banyak keunggulan. Diantaranya produksi tanaman persatuan luas lebih banyak, tanaman tumbuh lebih cepat, pemakaian pupuk lebih hemat, pemakaian air lebih efisien, tenaga kerja yang diperlukan lebih sedikit, lingkungan kerja lebih bersih, kontrol air, hara dan pH lebih teliti, masalah hama dan penyakit tanaman dapat dikurangi serta dapat menanam tanaman di lokasi yang tidak mungkinatau sulit ditanami seperti di lingkungan tanah yang miskin hara dan berbatu atau di garasi (dalam ruangan lain) dengan tambahan lampu.” Ujar Mr. Heri saat ditemui beberapa hari lalu oleh tim Inti.

 

Sebelum bercocok tanam, ada banyak yang harus dilengkapi. Diantaranya adalah media, nutrisi, tray tempat penyemaian, pipa tempat tanaman, pompa air, aerator, dan sebagainya. Namun sebagian alat-alat itu tidak ditemukan di Jambi seperti nutrisi, media tanam (rockwool), selang air dan lain-lain, sehingga Mr. Heri harus mencari alternatif untuk melanjutkan proyek tersebut.

Setelah hari raya idul Fitri, proyek hidroponik ini sempat tertunda karna Mr. Heri mengikuti program Sail Komodo yang diadakan Menpora.  Namun setelah itu ia langsung melanjutkan dengan peralatan lebih lengkap yang ia temukan di Jakarta ketika mengikuti program tersebut.

Berhubung penanaman menggunakan teknik hidroponik ini tidak dapat dikenai sinar matahari langsung, karena itu ini di lakukan di di pranetMa’had Al-Jamiah, tempat menanam bunga atau tumbuhan hias lainnya. Hal itu disebabkan karena tanaman tidak bisa mendapat sinar matahari secara berlebihan.

Meskipun banyak kekurangan untuk bercocok tanam di media ini seperti kurangnya perlengengkapan alat dan bahan, nutrisi tanaman dan masih banyak lagi, namun tidak menyurutkan niatnya dalam mencoba teknik hidroponik ini.

Di harapkan apa yang ia usahakan selama ini bisa menumbuhkan hasil.Ia bercita-cita untuk memiliki perusahaan hidroponik modern yang canggih dan produktif. RudyansyahMahad Kembangkan Sistem Hidroponik-400x300

Comments

comments

About admin

Check Also

j-putraa

Mahasantri Urus Jenazah Temannya

INTI –(16-10) Tiap-tiap Muslim tahu bahwa mengurus mayyit merupakan fardu kifayah (harus ada sebagian kaum …